Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Wednesday, October 7, 2015

Apa itu Postgre SQL?

Postgre SQL




PostgreSQL atau sering disebut Postgres merupakan salah satu database besar yang menawarkan skalabilitas, keluwesan, dan kinerja yang tinggi. PostgreSQL termasuk dalam kategori free open source software (FOSS).Penggunaannya begitu meluas di berbagai platform dan didukung oleh banyak bahasa pemrograman. Bagi masyarakat TI (Teknologi Informasi) di Indonesia, Postgres sudah digunakan untuk berbagai aplikasi seperti web, billing system, dan sistem informasi besar lainnya.

PostgreSQL pertama kali ada pada tahun 1996. PostgreSQL merupakan database server yang bersifat open source, memiliki lisensi liberal open source license, yaitu PostgreSQL License sehingga memberikan kebebasan bagi masyarakat untuk menggunakan, memodifikasi dan mendistribusikan PostgreSQL dalam bentuk apapun , baik open source maupun closed source.

SQL di Postgre tidaklah seperti database server lain yang menggunakan konsep RDBMS (Relational Database Management System) . Postgre menggunakan konsep ORDBMS (Object Relational Database Management System) yang bersifat open source. Yang membedakan Postgre dengan yang lain adalah arsitektur Postgre yang memungkinkan user untuk mendefnisikan sendiri SQL-nya, terutama pada pembuatan function atau biasa disebut sebagai stored procedure. Hal ini dimungkinkan karena informasi yang disimpan oleh Postgre bukan hanya tabel dan kolom, melainkan tipe, fungsi, metode akses, dan banyak lagi yang terkait dengan tabel dan kolom tersebut. Semuanya terhimpun dalam bentuk class yang bisa diubah user. Arsitektur yang menggunakan class ini lazim disebut sebagai object oriented. Karena Postgre bekerja dengan class, dengan begitu berarti Postgre lebih mudah dikembangkan ditingkat user, dan user dapat mendefinisikan sebuah table sebagai turunan dari tabel lain.

Beberapa fitur PostgreSQL adalah sebagai berikut :

  1. Inheritance, dimana satu table dapat diturunkan model dan beberapa karakteristik dari table lainnya.
  2. Multi-Version Concurrency Control (MVCC), dimana user diberi data snapshot ketika suatu perubahan dilakukan sampai commit.
  3. Rules, dimana suatu query DML yang dikirimkan ke server akan mengalami penulisan ulang (rewrite). Ini terjadi sebelum diproses oleh query planner dan berbagai fitur lainnya.
  4. Mendukung international character set, multibyte character encoding dan Unicode.
  5. point in time recovery, tablespaces, asynchronous replication, nested transactions (savepoints), online/hot backups, query planner/optimizer , dan write ahead logging untuk fault tolerance.

PostgreSQL berjalan pada semua sistem operasi utama, termasuk Linux, UNIX (AIX, BSD, HP-UX, SGI IRIX, Mac OS X, Solaris, Tru64), dan juga sistem operasi Windows. PostgreSQL memiliki kemampuan fully ACID compliant, memiliki dukungan penuh terhadap foreign key, join, view, trigger, dan stored procedure (pada lebih dari satu bahasa). Selain itu, PostgreSQL juga mencakup sebagian besar tipe data SQL:2008, termasuk INTEGER, NUMERIC, BOOLEAN, CHAR, VARCHAR, DATA, INTERVAL, dan TIMESTAMP. PostgreSQL mendukung penyimpanan binary large object, seperti gambar, suara, atau video, dan memiliki native programming interface untuk C/C++, Java, .NET, Perl, Python, Ruby, Tcl, ODBC, dan lain-lain.

Koneksi ke PostgreSQL menggunakan PHP


Asumsikan, file yang saya buat ini bernama konek.php

<?php

// connecting, selecting database
// anda harus sesuaikan dbnam, user dan password sesuai dengan setting pada database server anda

$conn_string = “host=localhost port=54322 dbname=xxxx user=postgres password=postgres”;

$connection = pg_connect($conn_string);

if (!$connection) {
print(“Connection Failed”);
exit;
}
else print(“Connection Success”);
?>

simpan di halaman .xampp/htdocs/folder_kamu/konek.php.

Lalu tinggal buka di browser, kalau berhasil akan seperti ini :














sumber :


0 comments:

Post a Comment