Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Sunday, June 30, 2019

Perbedaan antara Truncate, Delete dan Drop di Database PLSQL

Apa perbedaan antara Truncate, Delete dan Drop di Database PLSQL


Hello guys kali ini saya akan sedikit kasi info mengenai perbedaan antara proses truncate, delete dan drop di database plsql atau Oracle.

Untuk persamaan dari ketiga operasi diatas (Truncate, Delete dan Drop) bertujuan untuk menghapus satu atau seluruh isi dari tabel atau tabel itu sendiri.

Okey langsung saja ke intinya








Delete
Delete adalah suatu operasi untuk memanipulasi / modifikasi data disebuah tabel. Delete biasanya digunakan untuk menghapus satu/seluruh data didalam tabel, kita bisa menambahkan syntax 'WHERE' jika ingin memilih data sesuai kondisi yang kita inginkan. Jangan lupa menambahkan COMMIT setelah operasi delete agar data benar-benar terhapus.Kelebihan dari delete yaitu dapat dilakukan rollback sehingga kita bisa mem-batalkan operasi delete jika tidak jadi. Kekurangannya yaitu proses ini lebih memakan waktu dari kedua proses yang lain karena proses menghapus datanya secara sequential yaitu baris per baris sehingga lebih memakan resource dari database. Delete juga mengaktifkan trigger yang terdapat dalam tabel yang ingin datanya dihapus.

Berikut sedikit ilustrasinya




           
Truncate

Truncate yaitu proses untuk menghilangkan seluruh data dari suatu tabel. Truncate tidak menggunakan kondisi WHERE sehingga kita tidak dapat memberi suatu kondisi agar data tersebut dihapus. Pada prosesnya truncate tidak me-return info berapa baris yang sudah dihapus. Operasi ini tidak bisa di rollback dan tidak ada trigger yang akan aktif pada prosesnya. Proses ini lebih cepat dibandingkan proses delete.

Berikut sedikit ilustrasinya


Drop
Drop termasuk dalam operasi DDL (Data Definition Language). Drop bertujuan untuk menghapus suatu tabel dari database. Semua komponen ditabel yaitu trigger, index maupun privilages akan juga ikut terhapus, akan tetapi jika kita sudah membuat view, maka view tersebut tidak tersebut melainkan tidak akan bisa dibuka karena sumber data/sumber tabelnya sudah dihapus. Pada proses delete tidak akan mengaktifkan trigger apapun ditabel tersebut. Operasi ini tidak dapat di rollback(reverse)

Berikut sedikit ilustrasinya


Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat








sumber : https://tipsfororacle.blogspot.com/2016/09/delete-vs-truncate-vs-drop.html diakses pada 30 Juni 2019, pukul 22:22

0 comments:

Post a Comment